Tips Menyembuhkan Hidung tersumbat " AMPUH !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! "

| Senin, 20 Februari 2012
Hidung tersumbat sangat menyiksa. Rasanya pasti ingin selalu membuat tekanan di hidung, seperti gerakan menarik ingus. Sesaat mungkin terasa plong, tapi aktivitas ini ternyata justru memperburuk sakit.

Membuat tekanan di hidung untuk melenyapkan lendir menjadi kesalahan paling jamak. Banyak yang tak sadar bahwa aktivitas ini meningkatkan risiko lendir masuk ke paru-paru dan memicu infeksi.

Daripada melakukan tindakan berisiko itu, coba atasi hidung tersumbat dengan cara aman, seperti dikutip Times of India.

Bantal tinggi
Saat hidung tersumbat, coba tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Kalau perlu gunakan dua bantal. Usahakan posisi tengadah, jangan miring. Posisi ini akan mengurangi pembentukan lendir.

Bawang
Di pasaran, memang ada alat hirup khusus hidung tersumbat yang meruapkan aroma balsam. Tak perlu mengeluarkan uang membelinya, alat ini bisa diganti dengan herbal alami. Cukup iris bawang lalu menciumnya di dekat hidung selama sekitar lima menit. Aroma bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengencerkan lendir.

Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat hidung tersumbat memang membantu. Kandungan capsaicin dalam sejumlah produk pedas seperti merica atau cabe membantu mengencerkan lendir dan membersihkan rongga hidung.

Minuman panas
Buat secangkir teh atau kopi panas. Sebelum meminumnya, dekatkan cangkir ke arah hidung, dan hirup uapnya. Cara ini cukup efektif mengencerkan lendir penyumbat rongga hidung, tanpa memunculkan risiko iritasi.

Uap rempah
Selain minuman, Anda juga bisa membuat racikan rempah di air hangat untuk penguapan atau steam. Campur air hangat dengan ramuan rempah yang melegakan hidung seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, di baskom. Dekatkan wajah sambil menutup area sekitar dengan handuk kering. Cara tradisional ini cukup diandalkan mengatasi hidung tersumbat.

Sumber: 5 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Ribet - Yafi Blog http://yafi20.blogspot.com/2012/02/5-tips-mengatasi-hidung-tersumbat-tanpa.html#ixzz1msxS6W5c

4 komentar:

Ayo Pada Ngasih Komentar

Next Prev
▲Top▲