Cara Menstabilkan Jaringan 3G pada Android

| Sabtu, 17 Maret 2012

Apakah soban sekalian sering mengalami sinyal 3G yang 'malu-malu kucing' gitu? Maksudnya sinyalnya sering muncul tenggelam gitu.
Entar 3G, nanti Edge, entar balik ke 3G lagi, eh gak lama malah kembali ke Edge lagi. Pasti bikin geregetan kan kalau sudah gitu.

Nah maka dari itu sekarang saya akan coba sharing pengalaman sedikit cara mengatasinya biar 3G nya stabil. Parlu diperhatikan cara ini sepertinya hanya berlaku untuk Android versi 2.3/Gingerbread. Trik ini sudah pernah saya uji cobakan dan berhasil pada Samsung Galaxy 5 v2.3/Ginger CyanogenMod 7 (punya saya) danSamsung Galaxy Ace v2.3/Ginger Official (punya teman saya). Akan tetapi trik ini tidak berpengaruh saat saya coba di Samsung Galaxy 5 v2.2/Froyo Official (punya saya juga, setelah saya downgrade) dan Samsung Galaxy Fit v2.2/Froyo Official(punya teman saya yang lain).

Ralat sedikit, ternyata trik ini juga bisa untuk Froyo Official. Rupanya saya ketinggalan tahap yang nomor 6 makanya tidak work sebelmunya. (baru nemu tambahan triknya. hehee)

Ok deh sob langsung aja berikut triknya. 
  1. Tekan Dial *#*#4636#*#* di HP sobat
  2. Pilih Phone Information
  3. Tekan Menu, kemudian pilih Select Radio Band
  4. Pilih Euro Band
  5. Setelah itu tekan Back dan gulir kebawah, pilih WCDMA Only
  6. Kemudian Turn Off Radio dulu, setelah itu Turn On kan lagi. Hal ini berfungsi untuk me-refresh jaringan.
  7. Done!! Coba raskan perbedaannya


Note :
  • Menurut pengalaman saya cara ini cukup efektif untuk menstabilkan jaringan 3G. Tapi tiap daerah mungkin tidak sama efek nya.
  • Saya disini cuma berusaha sharing pengalaman saya aja. Kalau ternyata triknya gak work saya minta maaf. Karena saya juga cuma masih newbie yang suka coba-coba. :-)
  • Tolong diberi komentar apabila berhasil ataupun tidak

Update :
Sedikit tambahan ada cara alternatif dari agan anonim yang pertama, yaitu menggunakan *#2263# lalu pilih WCDMA All

Update :
Gunakan radio band Japan akan lebih stabil 3G nya.
Menurut sobat anonim yang dibawah dan menurut pengalaman saya juga.

16 komentar:

  1. force close tiap kali ane klik menu radio ny gan


    galaxy y , 236 ,hybird custom rom

    BalasHapus
  2. coba yang ini *#2263# atau *#*#2263#*#*

    BalasHapus
  3. android w rusak ga ada jaringan... gara2 trik ini, karena di tab w cuma ad 1 pilihan USA Band (advance T1c)

    BalasHapus
  4. yang gua juga jadi rusak sama..tanggung jawab dong broooww..

    BalasHapus
  5. maaf ya bagi kalian yang androidnya rusak soalnya di saya berhasil sukses dan hanya sekedar share

    BalasHapus
  6. tak bertanggung jawab tutup aja deh .... nga usah share share an

    BalasHapus
  7. punya ada yang rusak udah takdir aja tuhh,, gak usah ribut,,,punya ane LG OPTIMUS L3II...BISA KOK,,,OKE BANGETT...

    BalasHapus
  8. pop over to this website my site why not try this out go right here a knockout post see here

    BalasHapus

Ayo Pada Ngasih Komentar

Next Prev
▲Top▲