Cara Over Clock Hp Android

| Selasa, 20 Maret 2012
Kata overclock sering kali kita jumpai, baik istilah dalam komputer maupun istilah dalam android, Apakah Overclock itu? Kegunaan overclock? Keuntungan dan Kerugian overclock? Kalau ada istilah overclock,maka muncul istilah undervolt,apakah undervolt itu? Apakah undervolt sama dengan kebalikan overclock(underclock)?
Mari kita share bersama dengan membahas satu persatu tentang overclock


Apa arti overclock?
Overclock artinya maksa prosesor untuk jalan diatas kemampuanya, artinya bisa terjadi hal2 atau kerusakan pada devicenya jika anda kurang teliti dalam overclocking.
Sifat terbuka dari Android telah memungkinkan untuk beberapa pengembangan aplikasi yang menarik, serta beberapa modding yang cukup kompleks. Salah satu proyek yang paling populer untuk penggemar Android adalah untuk overclock CPU di telepon. Overclocking ponsel Android memerlukan apa yang disebut akses root. Artinya pengguna telah menambahkan izin untuk OS yang memungkinkan modifikasi berat dan instalasi ROM kustom


Apakah overclock itu aman?
Jawabnya: relative dalam artian, aman atau tidaknya ada di dalam diri kita sendiri, sampai sejauh mana kita bisa menilai titik maksimal device yang kita gunakan. Kalau kita maksa melebihi kemampuan maksimal dan terus dipaksa, akibatnya bisa kerusakan permanen di hardwarenya. Resiko dari overclock itu sendiri adalah, ketidak stabilan sistem dan kerusakan hardware ataupun software berawal dari ketidakstabilan itu.


Titik stabil tiap device berbeda? Kok si A bisa Overclock sampe 800 dan masih stabil sementara saya cuman 700 sudah tidak stabil?
Buat yg biasa overclock PC, inget kan, di PC itu ada pilihan untuk naikin voltase kalo udah ga stabil, di hp apakah ada fitur tersebut? Perlu diingat, kemampuan overclock tiap hp itu beda karena banyak faktor2 yg mempengaruhi, mulai dari awal produksi sendiri, OS, firmware dan pendukung lainya, seperti motherboard hp, ram yg bisa jalan di bus brapa dan lain2.


Pada HH android A bisa Overclock sampai titik tertentu dan stabil?
Suatu vendor pasti sudah trial and error atau meneliti atau memang minta batch produksi khusus dari pabrik chipnya supaya dia bisa minta prosesor yg bisa aman di Overclock (contoh lain, pada AMD athlon XP 1700+ dengan kode JIUHB bisa di overclock sampe stara pentium 4 3,6GHZ sementara batch lain ga bisa padahal sama2 1700+) Jadi jangan disama ratakan HH dari vendor yang sama bisa overclock proccesornya maka yg lain pasti bisa, kecuali anda tahu pola produksi yang sama.

Overclock bisa bikin software ama hardware rusak (atau memperpendek umur hardware) ?
Perlu diingat, overclock itu bisa membuat sistem tidak stabil, mulai dari hardware sampai software, kalau hardware bakalan ada efek kenaikan suhu ama lebih boros daya, sementara software , jalur data nya bisa tidak lancar. Secara logika, ketika HP lagi prosesing data trus tiba2 restart dikarenakan pengaturan overclocking yang salah, maka softwarenya bisa rusak, atau ketika sedang mengontrol hardware tiba2 restart, aplikasi penterjemah bahasa hardwarenya bisa rusak. ( sekali lagi, ini bisa terjadi kalau dipaksa jalan di atas titik maksimal)


Keuntungan dan kerugian dalam overclocking?
Keuntungan>>Jika Anda telah menempatkan semua keraguan dan memutuskan untuk overclock CPU ponsel Anda. Keuntungan yang anda peroleh adalah peningkatan kinerja. Sistem operasi Android yang sebelumnya lamban sedikit, setelah overclock dapat memberikan telepon Anda menjadi sedikit lebih cepat, selain itu User Interface Android akan menjadi lebih halus, dan aplikasi jauh lebih cepat.


Jika Anda mengatur untuk overclock, ada manfaat penting untuk menyadari, dengan bantuan aplikasi root seperti SetCPU, Anda dapat menggunakan profil untuk benar-benar underclock CPU Anda saat ponsel tidak digunakan. Android melakukan hal ini secara default, namun pengguna harus akses kecepatan clock memungkinkan mereka untuk mengatur itu jauh lebih rendah, sering serendah 125MHz untuk Droid dengan 1GHz + overclock.

Kerugian>>Jika anda memaksa overclock tidak sesuai dengan kemampuan maka dapat menyebabkan perpendek usia dari device, pemperboros baterai, membuat device menjadi lebih cepat panas, bahkan lebih parah lagi ketika anda memacu sampai batas titik maximal, hal ini akan merusak hardware anda bahkan tidak jarang menjadi hardbrick dan ada pula beberapa yang menyebabkan device berjalan namun IMEI hilang (jika terjadi silakan di unbrick saja)

Apakah Undervolt itu?

undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software.
Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali.
yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.
Undervolting tidak sama dengan underclocking
Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda.Prosesor pada android umumnya memakai voltase standard
yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip. Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi (otomatis menambah tinggi temperatur cpu sering terjadi ketika android anda terlalu banyak memproses aplikasi).
Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah


Tekad saya untuk overclock sudah bulat, Bagaimana cara overclock itu?
Ada berbagai macam aplikasi yang tersedia di android market untuk mendukung overclock dan underclock(menurunkan,lawan dari overclock), salah satu aplikasi yang umum dipakai adalah SETCPU v2.2.4 dapat anda unduh disini
Sebelum melangkah lebih jauh maka sebaiknya anda kenali terlebih dahulu interface dari aplikasi setCPU
Cara yang akan ditempuh:  
1.Rubah profile setcpu ke ondemand
2.masuk ke setting profile(paling atas sebelah main)
3.Klik enable,Sebagai contoh di galaxy mini:
-battery < 50% max 600 min 122
-temp > 50 derajat celcius max 245 min 245
-screen off max 245 min 345
Berikut ini adalah video setCPU:



note:kalo mau lebih hemat kecilin max prosesornya,kalo mau main game HD baru naikin lagi dan rubah profile ke performance, untuk semua device namun diatas saya mencontohkan pada galaxy mini, jika anda menggunakan device lain, maka pengaturan tidak jauh berbeda dengan itu
Ini adalah contoh quadrant benchmark android saya yang semula 2000an menjadi 4000an (ada pula yang sampai 5000 tp saya berani,takut brick)

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Pada Ngasih Komentar

Next Prev
▲Top▲