Waspada !!! Malware Android mulai Merasuk Via Facebook

| Minggu, 04 Maret 2012
CALIFORNIA - Meski Google telah mengamankan Android Market dengan Bouncer, tampaknya malware Android tak kehilangan akal untuk terus menyebar. Para penjahat cyber kini menggunakan
Facebook untuk menyebarkan malware Android.

Beberapa waktu lalu, Vice President of Engineering Google, Hiroshi Lockheimer, mempublikasi sebuah posting diblog resmi, bahwa Bouncer secara otomatis akan memindai Android market untuk kemungkinan adanya perangkat lunak berbahaya. Sistem Bouncer ini berfungsi untuk menjaring aplikasi berbahaya yang menembus Android Market, tapi kini malware tersebut telah melihat celah lain untuk menyebar yakni melalui Facebook.

Dilansir Slashgear, Senin (27/2/2012), perangkat lunak berbahaya ini menyamar sebagai sebuah aplikasi Android bernama 'any-name.apk' atau 'allnew.apk, penjahat cyber kemudian mengirim malware tersebut melalui aplikasi mobile Facebook. Cara kerja malware ini untuk mengecoh pengguna Facebook adalah dengan memanfaatkan permintaan pertemanan.

Maka ketika pengguna telah berteman dan membuka profil 'teman baru' tersebut, mereka akan dialihkan ke halaman web lain yang berbeda, tempat di mana aplikasi berbahaya otomatis akan diunduh.

Android tidak secara otomatis memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi, jadi sebenarnya penyebaran malware bisa dihindari. Tapi beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan perlindungan semacam itu, untuk memiliki akses ke aplikasi di luar Android Market.

Maka jika aplikasi palsu itu sudah terpasang, malware akan mengirim pesan teks dan akibatnya pengguna dipaksa berlangganan layanan telepon premium. Sudah ditebak, biaya dari layanan premium itu akan dibebankan ke tagihan telepon pengguna.

sumber okezone

Sumber : http://m4zakiy.blogspot.com/2012/02/waspada-malware-android-menyebar-lewat.html#ixzz1o7nHSyQg

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Pada Ngasih Komentar

Next Prev
▲Top▲